Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

Berbagai sajian masakan olahan ayam selalu dijadikan sebagai menu makanan yang spesial dan isitimewa. Bagi anda para bunda jika bosan memasak olahan ayam yang hanya itu-itu saja, kali ini anda bisa menyajikan masakan ayam yang berbeda untuk keluarga anda yaitu ingkung ayam.

Dengan memakai bumbu rempah yang komplit untuk membuat Ingkung Ayam bisa membuat rasa masakan yang luar biasa. Tidak heran kalau banyak orang yang menyukainya. Dari masa nenek moyang kita masakan ini mungkin sudah dikenal, namun berdasarkan kisah sejarahnya masakan Ingkung Ayam ialah salah satu masakan khas yang berasal dari wilayah Yogyakarta yang sudah dikenal semenjak masa mataram mulai berdiri.
Disamping sebagai makanan wajib, ingkung ayam jadi kuliner ayam paling enak jika dibandingkan dengan masakan ayam jenis lainnya. Bahan, bumbu dan cara penyajiannya cukup sederhana. untuk dapat menyajikannya dii meja makan keluarga anda dapat mengikuti langkah memasaknya seperti di berikut ini.


Bahan Ingkung Ayam :

  1. 1 ekor ayam kampung utuh
  2. 2 sdm air jeruk nipis
  3. 1 sdm garam
  4. 750 ml santan dari 1 butir kelapa
  5. 4 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu Halus Ingkung Ayam :

  1. 10 butir bawang merah
  2. 6 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai merah keriting
  4. 5 butir kemiri, sangrai
  5. 4 cm kunyit, bakar
  6. 1 sdm garam

Bumbu Pelengkap Ingkung Ayam :

  1. 2 lembar daun salam
  2. 4 lembar aun jeruk purut
  3. 2 batang serai, memarkan
  4. 4 cm jahe, memarkan
  5. 4 mata asam jawa, seduh air panas, saring
  6. 4 sdm irisan gula merah

Cara Membuat Ingkung Ayam :

  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam, biarkan 15 menit. Cuci kembali hingga bersih.
  2. Sayat sedikit bagian paha ayam, masukkan salah satu ceker ayam ke dalamnya. Ikat kepala dan sayap ayam menggunakan benang kasur hingga kepalanya bisa tegak, sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus bersama jahe, daun jeruk, daun salam, serai, sampai harum.
  4. Masukkan ayam, santan, air asam, dan gula merah. Masak hingga ayam empuk, angkat.
Menunggu ayam matang tidak harus menunggu kuahnya habis, apabila bumbunya sudah meresap serta tekstur dagingnya sudah empuk dan lunak itu berarti ayam sudah matang. Cara yang cukup mudah sehingga anda pun bisa segera langsung mengeksekusinya.
Ingkung ayam ini sangat pas sekali jika disantap bersama dengan nasi uduk ataupun nasi putih biasa. Yang pasti setelah mengetahui resep ayam ingkung jogja ini anda bisa kan membuatnya sendiri? Dengan membuat ayam ingkung sendiri maka tak perlu repot pergi kerestoran. Selain itu keluarga anda pasti akan sangat menikmatinya.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib