Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

Makanan Khas Gunung Kidul

1. Gatot Gunung Kidul
Gatot merupakan salah satu makanan ringan yang terbuat dari gaplek atau singkong yang sudah dikeringkan. Cara pembuatan makanan gatot ini sangat sederhana, gaplek yang sudah kering direndam dalam waktu satu malam, setelah itu lalu dicuci dan dipotong kecil-kecil sesuai ukuran gatot pada umumnya. Kemudian dikukus kurang lebih selama 2 jam. Setelah matang gatot tersebut ditaruh dalam wadah yang lebah agar cepat dingin. Dalam penyajiannya gatot biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan ditambah sedikit garam.

2. Belalang Goreng
Gunung kidul selain memilikiwisata pantai pasir putih juga juga memiliki banyak makanan khas. Selain gatot diatas juga masih ada banyak makanan khas Gunung Kidul seperti halnya belalang goreng ini. belalang goreng ini menjadi makanan sehari-hari bagi masyarakat Gunung Kidul. Selain belalang merupakan hama bagi tanaman yang menjadi salah satu penyeban petani gagal panen ternyata belalang merupakan hewan yang kaya akan protein.

3. Sego Abang
Makanan khas yang satu ini merupakan makanan yang memiliki gizi tinggi. Sego Abang ini dapat diperoleh dari bahan dasar beras merah yang memiliki kadar protein lebih tinggi dibandingkan beras putih yang dominan dengan kandungan karbohidratnya. Sego Abang ini bisa menjadi pilihan utama bagi penggemar makanan organik, dan dapat disajikan dengan sayur lombok ijo.









No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib